SQL Like Operator



Operator LIKE digunakan dalam WHERE klausa untuk mencari pola tertentu dalam suatu kolom.
Ada dua wildcard yang sering digunakan bersama dengan LIKE operator :
  • Tanda persen % mewakili nol, satu, atau beberapa karakter.
  • Tanda gari bawah _ mewakili satu karakter tunggal.

Sintaksi : 

SELECT column1, column2, ...
FROM table_name
WHERE columnN LIKE pattern;

CONTOH

Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah membuka Laragon atau xampp, Kemudian kalian masuk ke database kalian untuk menjalankan sintaksi yang ada diatas tersebut.

Saya disini menggunakan laragon dan HeidiMySQL karena lebih mudah untuk menjalankan sintaksi tersebut. Jika sudah masuk kalian pilih database kalian dan masuk kebagian Query atau SQL jika kalian menggunakan Xampp dan phpmyadmin.

Kemudian kalian masukan sintaksi diatas dan diganti sesuai nama tabel kalian dan isi dari tabel kalian seperti contoh yang ada dibawah.


Jika sudah memasukan sintaksi seperti diatas, hasil yang dikeluarkan seperti dibawah. Karena sintaksi yang digunakan hanya untuk memanggil huruf B yang ada di awal.

Jika kalian ingin memanggil yang lainnya kalian tinggal mengganti huruf B tersebut dengan huruf yang lainnya.


Untuk menjalankan sintaksi yang hanya untuk memanggil nama produk yang huruf keduanya L, kalian harus memasukan sintaksi seperti dibawah ini.


Kode dibawah ini hanya untuk memanggil nama produk yang huruf keduanya haya ada huruf L, jadi jika ingin memanggil nama produk yang lain kalian harus mengganti hurufnya yang setelah garis bawah ( _ ).


Seperti contoh yang ada diatas yang keluar hanya satu karena yang dipanggil huruf keduanya L.

Setelah itu, jika ingin memanggil atau menampilkan data yang ada huruf A nya, kalian harus memasukan sintaksi seperti dibawah ini. Berbeda dengan sintaksi yang sebelumnya, sintaksi ini menggunakan dua persen (%) karena jika ingin menampilankan data yang ada huruf A nya diharus memasukan sintaksi seperti dibawah


Dan hasilnya akan seperti dibawah ini




Untuk menampilkandata yang 2 huruf terakhirnya A, kalian harus memasukan sintaksi seperti dibawah ini


Jika sudah sama hasil yang akan ditampilkan akan seperti dibawah ini






0 Komentar