Pengantar Database

Databases

Database Source;
Penyimpanan data dalam lemari arsip masih aman dilakukan selama data yang disimpan tidak terlalu banyak.



 

Jika data yang disimpan terlalu banyak, maka akan menimbulkan masalah.Salah satu masalah yang sering ditemukan atau sering terjadi adalah saat pencarian data, di mana data yang di cari terkadang tidak ditemukan karen hilang ataupun terlewat saat mencari data.

Basis data atau database terdiri dari dua kata yaitu basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai tempat berukumpulnya data. Sedangkan data yaitu representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu ojek.

Pengertian Database

Merupakan sekumpulan data tersebar yang berhubungan secara logis, dan penjelasan dari data ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi dari suatu organisasi. (By Connolly dan Begg)

Struktur Database

Salah satu cara data di organisasikan agar pemrosesan data menjadi lebih efektif. Struktur yang ada di dalam database yaitu, field, record, table, file dan data.

A. Field

Field atau elemen data merupakan satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna.Contohnya data siswa mempunyai field atau atribut NIS, Nama, Kelas da atribut lain yang berkaitan atau menyangkut data siswa.

B. Record

 Bisa disebut juga dengan rekaman atau baris. Record merupakan gabungan dari field atau elemen data yang saling terkait.

C. File

Bisa juga disebut dengan berkas atau tabel, merupakan kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang field sama, namun mempunyai isi data yang berbeda. 

0 Komentar